Film Pendek Sumbang Medali Pertama Kontingen UIN Gusdur Pekalongan pada Ajang Pesona I

Dipublikasikan pada tanggal: 12 Agustus 2022

(PESONA.UINSGD.AC.ID)-Kontingen UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan yang sedang berjuang dalam ajang Pekan Seni dan Olahraga Nasional (Pesona) I Perguruan Tinggi Keagamaan Negeri (PTKN) yang digelar di UIN Sunan Gunung Djati Bandung berhasil raih juara II (medali perak) pada Kamis (11/08/2022). UIN Gusdur sukses meraih medali perak lewat kategori Film Pendek. Ini merupakan raihan medali pertama kontingen UIN Gusdur pada ajang Pesona I PTKN 2022.

Raihan medali ini didapatkan setelah melewati babak final (presentasi) yang berlangsung di Lantai 4 Gedung Dakwah dan Komunikasi UIN Bandung pada Kamis (11/08/2022). Pada babak ini diwakili dua mahasiswa dari UKM Navi Film yakni Rizza Olivia selaku Produser film  dan M. Harits sebagai Director of Photography. Pada babak final, UIN Gusdur berhasil mengungguli empat finalis lain dan berhasil menempati urutan dua di bawah UIN Sunan Kalijaga. Adapun empat finalis lainnya yakni UIN Walisongo Semarang, UIN Ar-Raniry Aceh, UIN Raden Intan Lampung dan UIN SGD Bandung.

Film pendek berjudul “Maheswari” garapan UKM Navi Film UIN K.H. Abdurrahman Wahid bercerita tentang Lia, seorang remaja perempuan yang menjadi penari Sintren dan memiliki keinginan kuat agar seni Sintren dapat mendunia dan masuk dalam Warisan Budaya Tak Benda. Atas keinginannya tersebut Lia malah mendapat perundungan dari teman dan tetangganya. Pada akhir cerita, Lia berhasil membagikan bukti sertifikasi Warisan Budaya Tak Benda.

Pasca pengumuman juara, Rizza menyampaikan ucapan terima kasih kepada seluruh kru film, pembina UKM Teddy Dhiatmika, Wakil Rektor III, dan Rektor UIN Gusdur atas segala kerja sama dan dukungan. “Terima kasih juga untuk kerja sama yang luar biasa HMJ KPI UIN K.H Abdurrahman Wahid Pekalongan. Semoga dengan hasil yang baik ini bisa menjadikan kita tidak gampang berpuas diri dan terus belajar untuk meningkatkan prestasi ke depannya. Terakhir, satu kalimat dari saya.. UIN Gusdur WE DID IT,” tambah Rizza.

Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama Dr. H. Muhlisin, M.Ag., menyebut dengan prestasi tingkat nasional ini menandakan bahwa mahasiswa UIN Gusdur memiliki potensi yang bagus di bidang sinematografi dan perlu terus diasah melalui kompetisi lainnya. Atas raihan medali perak ini, Rektor UIN Gusdur Prof. Dr. H. Zaenal Mustakim M.Ag., mengucapkan selamat kepada kontingen UIN Gusdur dan secara khusus kepada UKM Navi Film. Rektor berharap raihan medali ini dapat diikuti oleh raihan medali dari cabang perlombaan yang lain. (Hikmah Romalina, Bary)

Sumber, Kemenag Jumat, 12 Agustus 2022 08:48 WIB