Buka Pesona I, Menag : Olahraga, Agama dan Tuhan Satu Tarikan Nafas

Dipublikasikan pada tanggal: 10 Agustus 2022

(PESONA.UINSGD.AC.ID)-Menteri Agama Republik Indonesia Yaqut Cholil Qoumas  membuka even Pekan Seni dan Olahraga (Pesona) I Perguruan Tinggi Keagamaan Negeri (PTKN) tahun 2022 pada Selasa (09/08/2022). Acara pembukaan Pesona diselenggarakan di kampus II UIN Sunan Gunung Djati Bandung

"Olahraga dengan Agama dan Tuhan adalah satu tarikan nafas yang tidak bisa dipisahkan," ucap Menag

Menurutnya, seperti saat kita menyaksikam pertandingan sepak  bola, jika ada pemain yang mencetak gol maka secara spontan dia akan melakukan sujud syukur untuk yang beragama Islam atau memalangkan tanda salip untuk yang beragama Nasrani ataupun menadahkan tangan untuk berdoa. 

Dalam pertandingan olahraga  hampir bisa dipastikan bahwa yang tampil menjadi pemenang adalah yang ulet berlatih, ucapnya. 

Akan tetapi, para atlet meskipun mereka tahu kemampuan mereka dalam satu bidang olahraga ketika mau tanding itu mesti  berdoa dulu belum,  yakin bisa memenangkan pertandingan kalau belum berdoa ini artinya apa dari olahraga antara olahraga agama dan Tuhan tidak terpisahkan, sambung Menag. 

Gus Men berharap terkait pelaksanaan pesona  agar dapat terus dilaksanakan di tahun-tahun berikutnya, " kegiatan inspiratif seperti ini harus terus dilaksanakan secara berkesinambungan, jangan sampai terputus, misal karena ada pergantian pimpinan, apagi sudah ada piala bergilir ya," pesan Menang.

Pembukaan Pesona I dihadiri Direktur Jenderal Pendidikan Agama Islam, Muhammad Ali Ramdani beserta jajarannya, Gubernur Jawa Barat, Muhammad Ridwan Kamil, Kapolda Jawa Barat Irjen Suntana, Kepala Kantor Wilayah Provinsi Jawa Barat, Ajam Mustajam, Rektor PTKN dan Wakil Rektor Se Indonesia. (Hikmah Romalina, Imam Baihaqi) 


Sumber, Kemenag Rabu, 10 Agustus 2022 05:45 WIB