3.455 Peserta Akan Bertanding di Ajang Pesona I

Dipublikasikan pada tanggal: 08 Agustus 2022

(PESONA.UINSGD.AC.ID)-Kementerian Agama melalui Direktorat Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam (Diktis) Ditjen  Pendidikan Islam  untuk pertama kalinya menggelar  Pekan Seni dan Olahraga Nasional (Pesona) I Perguruan Tinggi Keagamaan Negeri (PTKN) Tahun 2022, hal ini disampaikan 
Kepala Subdit Sarana prasarana dan Kemahasiswaan, Zulpan Syarif Supriadi Hasibuan di Jakarta. 

“Kegiatan Pesona  ini merupakan gelaran pertama dan akan diikuti oleh 3.455 peserta dari perwakilan Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN), Perguruan Tinggi Keagamaan Kristen, Hindu, dan Buddha” jelasnya,Senin (08/08/2022).

Lebih lanjut, Pesona I yang pelaksanaannya di Universitas Isam Negeri (UIN) Sunan Gunung Djati Bandung ini digelar dengan “hybrid system, untuk yang  daring  dilaksanakan pada tanggal 30 Juni-16 Juli 2022 lalu dan luring dilaksanakan pada tanggal 8-13 Agustus 2022 mendatang, terangnya. 

Sementara itu, Kasi Kemahasiswaan pada Direktorat Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam (Diktis), Amiruddin Kuba menjelaskan bahwa acara ini  diikuti oleh 62 PTKN yang akan bertanding di berbagai cabang olahraga. 

"Jumlah cabang yang akan diperlombakan dan dipertandingkan sebanyak 22 cabang yang terdiri 12 bidang seni dan 10 pertandingan olahraga. Di bidang seni, ada Musabaqah Tilawatil Qur'an (MTQ), Musabaqah Hifzhil Qur'an (MHQ), Musabaqah Syarhil Qur'an (MSQ), Pop Solo Islami, Cipta Lagu Islami, Musikalisasi Hadits, Puitisasi Terjemah Al-Qur'an, Qasidah Modern, Kaligrafi, Film Pendek, Stand Up Comedy, dan Monolog," kata Amiruddin. 

Sementara untuk bidang olahraga ada 10 cabang yakni tenis meja, catur, pencak silat (seni), Karate (Seni/Kata), taekwondo (seni), bola voli, bulu tangkis, basketball, futsal, dan panjat tebing,ungkapnya. (Hikmah Romalina)

Sumber, Kemenag, Senin, 8 Agustus 2022 12:51 WIB