PIONIR Cikal Bakal Event OASE dan PESONA Mahasiswa PTKI

Dipublikasikan pada tanggal: 04 Agustus 2022

(PESONA.UINSGD.AC.ID)-Pekan Seni dan Olahraga Nasional (PESONA) yang akan digelar pada 08-13 Agustus 2022 adalah transformasi dari perhelatan Pekan Ilmiah, Olahraga, Seni dan Riset (PIONIR) di bidang olahraga dan Seni. Sementara, untuk bidang Ilmiah dan riset ditranformasikan menjadi Olimpiade, Agama, Sains dan Riset (OASE).

“Perubahan PIONIR menjadi OASE dan PESONA adalah ide Direktur Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam, Suyitno,” kata Kepala Sub Direktorat (Kasubdit) Sarana Prasana dan Kemahasiswaan, Zulpan Syarif Supriadi Hasibuan di ruang kerjanya, Kamis (04/08/2022).

PIONIR bagi mahasiswa Perguruan Tinggi Keagamaan Islam (PTKI) sebut Zulpan, memiliki cabang lomba dan kompetisi yang beraneka ragam sehingga membutuhkan persiapan yang matang dan melibatkan sumber daya manusia yang mumpuni begitu juga PESONA.

“Istilah OASE dicetus oleh Profesor Suyitno sedangkan nama PESONA dimunculkan Kepala Seksi Kemahasiswaan Amiruddin Kuba, ketika Kasubditnya Ruchman Basori” kata Zulpan yang pernah mengabdi di Kantor Wilayah Kementerian Agama Propinsi D.I Yogyakarta ini.

Dari berbagai informasi, OASE I telah dilaksanakan di Universitas Islam Negeri Ar Raniry Banda Aceh pada 24 Oktober- 28 November 2021 tahun lalu. OASE dilaksanakan dengan hybrid , daring dan luring.

Cabang lomba Sains OASE meliputi ajang pada studi Matematika, Fisika, Biologi, dan Kimia. Sedangkan lomba Karya Inovatif terdiri dari Cabang Lomba Literasi dan Inovasi Teknologi, Nanoteknologi, Produk Halal dan Ketahanan Pangan, Iklim Limbah, Lingkungan dan Sumber Daya, Sosial keagamaan, Media pembelajaran, Desain dan Arsitektur Islami, Astronomi dan Ilmu Falak, Robotik dan Progamming, Karya Tulis Al-Quran. Kemudian ada lomba Debat Ilmiah yang menampilkan Lomba Debat Bahasa Arab, Bahasa Inggris, Kontitusi. Ada juga lomba Business PlanQiraatul QutubFahmil Al-QuranStory Telling, dan Dai Mahasiswa.

Sementara itu, masih menurut Zulpan, PESONA I PTKN 2022 yang akan Bulan Agustus ini, juga digelar dengan hybrid.

“Lomba via daring pada 30 Juni-16 Juli 2022 dan sedangkan yang luring pada 8-13 Agustus 2022,” kata Zulpan yang masih aktfif di Unit Kerja Pengelolaan Barang dan Jasa (UKPBJ) Kementerian Agama ini.  

Dengan 3.455 peserta dari 62 Perguruan Tinggi Keagaaman Negeri, 2 diantaranya dari Perguruan Tinggi Keagamaan Kristen, dan Budha, kegiatan ini mengusung slogan “Spirit of Harmony” dan dengan tema  “Transformasi Nilai-Nilai Kebermanfaatan dalam Bingkai Kebersamaan untuk Indonesia Unggul.”

“Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas direncanakan akan membuka PESONA I ini,” kata alumnus Institut Agama Islam Negeri Sunan Kalijaga ini.

Cabang lomba dan pertandingan dalam PESONA I yang akan dilaksanakan setiap dua (2) tahunan ini menyuguhkan 22 cabang yang terdiri 12 bidang seni dan 10 olahraga.

Di bidang seni meliputi Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ), Musabaqah Hifzhil Qur’an (MHQ), Musabaqah Syarhil Qur’an (MSQ), Pop Solo Islami, Cipta Lagu Islami, Musikalisasi Hadits, Puitisasi Terjemah Al-Qur’an, Qasidah Modern, Kaligrafi, Film Pendek, Stand Up Comedy, dan Monolog.

Untuk 10 bidang olahraga yaitu Tenis Meja, Catur, Pencak Silat (seni), Karate, Taekwondo, Volley Ball, Bulu Tangkis, Basket, Futsal, dan Panjat Tebing.(Kuba/ Viva/Hikmah Romalina

 

Sumber, Kemenag Kamis, 4 Agustus 2022 19:34 WIB