Orientasi Juri Cabang Seni Lomba Daring

Dipublikasikan pada tanggal: 05 Juli 2022

(PESONA.UINSGD.AC.ID)-Kasubdit Kelembagaan Sarana dan Prasarana Kementerian Agama RI,  Zulfan Syarif Hasibuan, M.Pd. membuka acara Orientasi Juri Cabang Seni Lomba Daring Pekan Seni dan Olahraga Nasional (PESONA) I Perguruan Tinggi Keagamaan Negeri (PTKN) Tahun 2022, melalui aplikasi zoom meeting, Selasa (5/7/2022).

PESONA merupakan bentuk transformasi dari kegiatan yang semula bernama Pekan ilmiah Olahraga Seni dan Riset (PIONIR) yang kemudian dikembangkan menjadi dua even, yaitu OASE dan Pekan Seni Olahraga Mahasiswa Nasional (PESONA).

Prof Ah. Fathonih menegaskan PESONA I PTKN Tahun 2022 sebagai ajang silaturahim sekaligus kompetisi bagi mahasiswa PTKN se-Indonesia. Tujuannya, Pertama, Memperteguh semangat kebangsaan melalui seni dan olahraga guna menghasilkan anak bangsa yang mengedepankan perdamaian dan persatuan bangsa;

Kedua, Mempererat silaturahim antar mahasiswa PTKN se-Indonesia dan memberikan kontribusi untuk kemajuan prestasi bidang seni dan olahraga guna menghasilkan calon penerus kepemimpinan bangsa yang berdedikasi tinggi dengan segenap
potensi dan keterampilan;

Ketiga, Meningkatkan kesehatan jasmani, disiplin, kreatifitas dan sportivitas mahasiswa PTKN agar menjadi manusia Indonesia yang berkarakter dan berbudaya; Keempat, Meningkatkan prestasi nasional dan internasional dalam bidang seni dan olahraga.

Bidang Seni berjumlah 12 cabang perlombaan yaitu Musabaqoh Tilawatil Qur’an (MTQ), Musabaqoh Hifzhil Qur’an (MHQ), Musabaqoh Syarhil Qur’an (MSQ), Pop Solo Islami, Cipta Lagu Islami, Musikalisasi Hadits, Puitisasi Terjemah Al-Qur’an, Qosidah Modern, Kaligrafi, Film Pendek, Stand Up Comedy, dan Monolog.

"Dari 12 cabang lomba seni, 8 cabang diperlombakan secara daring pada babak penyisihan, sisanya 4 cabang dilaksanakan secara full luring. Hari ini orientasi untuk juri dari cabang seni daring. Saya berharap para Juri bisa meruju pada pedoman, juklak, juknis Pesona. Mari kita junjung tinggi sportifitas," tegasnya. 

Pembukaan Orientasi Juri Cabang Seni Lomba Daring dihadiri oleh Koordinator Perlombaan.